Bupati Minta Adminduk Diselesaikan di Desa

Tubankab - Safari Ramadhan sambang desa, merupakan kegiatan tahunan Bupati Tuban Fathul Huda. Di samping sebagai ajang silaturahmi dengan warga, berbagai kebijakan yang diambil Pemkab Tuban juga disosialisasikan dalam kegiatan tersebut. Salah satu yang menjadi fokus Pemkab saat ini adalah perbaikan dalam pelayanan administrasi kependudukan, tak lupa disampaikan bupati dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan Safari Ramadhan di Desa Mojomalang, Kecamatan Parengan, kemarin, Bupati Tuban Fathul Huda mengintruksikan kepada seluruh kepala desa untuk mulai membenahi pelayanan administrasi kependudukan.

Menurut bupati, layanan administrasi kependudukan selama ini masih menyulitkan masyarakat,  seperti harus menempuh jarak yang jauh untuk pergi ke kota, hanya untuk mengurus KTP.

Mengatasi hal tersebut, bupati meminta semua kebutuhan administrasi kependudukan cukup diselesaikan di desa. "Masyarakat masih harus ke Disdukcapil untuk mengurus, tidak jarang karena persyaratan belum lengkap, mereka harus balik lagi, kan kasian," tutur bupati.

Bupati meneruskan, desa diminta untuk menyiapkan perangkat, serta operator yang mumpuni. "Pak kades harus cari orang yg kompeten untuk mengoperasikan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK)-nya, biar semua selesai di desa saja. Yang harus ke Dukcapil ya petugas dari desanya," imbuhnya.

Bupati juga minta agar hal ini segera dilaksanakan, sehingga pelayanan administrasi kependudukan dapat terlaksana dengan baik dan mudah. "Segera dilaksanakan, segera beli perangkatnya, paling nggak sampek Rp.10 juta dapat," tutup bupati.

Diketahui, saat ini baru 17 desa dari 7 Kecamatan, yang melaksanakan perbaikan pelayanan administrasi kependudukan. Diharapkan, dalam kurun waktu satu tahun, 70 persen desa telah memiliki kemudahan pelayanan administrasi kependudukan, yang terintegrasi langsung dengan Dukcapil. (nurul jamilah/hei)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)