05 April 2019 11:18:30
Ditulis oleh Admin

Tradisi Sedekah Bumi Desa Wangi

 

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bagi masyarakat jawa khususnya para kaum petani dan para nelayan, tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa .

Pada acara upacara tradisi sedekah bumi Desa Wangi, ada beberapa  kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Pada waktu acara tersebut  seluruh masyarakat desa Wangi yang mayoritas petani membuat tumpeng dan ambeng krentil berkumpul menjadi satu dipunden sumur gede dan punden sumur karet . Nasi tumpeng yang sudah di doakan oleh kesra/modin desa  kemudian di makan secara ramai ramai oleh masyarakat . Namun, ada juga sebagian masyarakat yang membawa nasi tumpeng tersebut yang membawanya pulang untuk dimakan beserta sanak keluarganya di rumah masing-masing. Setelah hajatan acara dilanjutkan dengan Langen Tayub. 

Langen Tayub termasuk tradisi wajib dari leluhur dahulu yang harus kita teruskan sampai sekarang. Langen Tayub juga harus ada di dua tempat yaitu Sumur Gede dan Sumur Karet.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus